Posted by : Yukie Fadzillah
Senin, 01 Juni 2015
Di Ms Word anda dapat membuat struktur organisasi dengan mudah dan praktis. Walaupun anda dapat pula membuatnya secara manual, namun cara manual akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan berbelit-belit. Dibawah ini adalah langkah-langkah membuat struktur organisasi dengan mudah menggunakan ms word 2010. Anda tinggal menyesuaikan saja perintahnya jika anda menggunakan ms word versi yang lain.
- Buka program Ms Word anda.
- Klik tab Insert kemudian pada group menu Illustrations pilih SmartArt.
- Pada jendela yang muncul pilih tab Hierarchy kemudian pada panel sebelah kanan pilih salah satu pilihan yang ada misalnya Organization chart. Maka pada panel paling kanan akan muncul previewnya kemudian klik OK.
- Maka pada lembar kerja ms word akan muncul desain struktur organisasi secara sederhana. Silahkan isi text dengan jabatan yang dikehendaki mulai dari paling atas (Kepala Instansi)
- Untuk menambahkan sub baru, klik pada kotak yang akan ditambahkan kotak dibawahnya kemudian klik tab Design. Setelah itu pilih Layout terlebih dahulu (pilih pilihan seperti standart, both, left hanging, dan right hanging) kemudian klik tombol dropdown pada Add Shape lalu pilih salah satu pilihan yang ada sesuai dengan keinginan anda.
- Add shape After : untuk menambahkan shape setelah kotak yang anda pilih.
- Add shape before : untuk menambahkan shape sebelum kotak yang anda pilih.
- Add shape above : menambahkan shape diatas kotak yang dipilih.
- Add shape bellow : menambahkan shape dibawah kotak atau shape yang anda pilih.
- Add assistant : untuk menambahkan asisten. Lakukan hal tersebut sebanyak yang anda inginkan.
- Untuk merubah warna shape dan garis tepi, anda dapat mengaturnya melalui Tab Format.
- Lakukan pada shape-shape atau kotak yang lain untuk menambahkan shape lagi. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
- Semoga bermanfaat dan sukses selalu.
Related Posts :
- Back to Home »
- Pelajaran Office »
- Membuat Struktur organisasi di microsoft word